DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Komunikasi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Aparatur Desa (Studi Pada Kepemimpinan Kepala Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar)
PENGARANG:MUHAMMAD ISMAIL AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


                                                           ABSTAK

Muhammad Ismail Akbar, 1610414310021, 2023, Peran Komunikasi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Aparatur Desa (Studi Pada Kepemimpinan Kepala Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar). Dibawah Bimbingan Siswanto dan Sarwani

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Komunikasi Kepemimpinan Dalam Menginkatkan Motivasi Kerja Aparatur Desa terkhusus kepada Kepemimpinan Kepala Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Penelitian ini juga difokuskan kepada Konsep Kepemimpinan dalam sebuah organisasi yakni di tingkat pemerintahan Desa. Selain itu Konsep pendukung adalah Komunikasi Pembangunan di Daerah Pedesaan dengan Peran Komunikasi Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Kepala Desa di desa Paku Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yakni suatu riset yang bersifat deskriptif dan cenderung mengarah untuk menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yakni melalui proses wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang di lakukan dengan pendekatan  metode  kualitatif  dan  menyajikan  kata-kata  secara  deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan kerja berkorelasi kuat positif dengan prestasi kerja para pegawai sebagai terjemahan dari perangkat desa dalam Komunikasi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Aparatur Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. apabila penerapan gaya kepemimpinan transformasional semakin baik dan konsisten maka prestasi kerja pegawai akan meningkat, begitu juga apabila penerapan gaya kepemimpinan transformasional tidak diterapkan secara baik dan konsisten maka komunikasi organisasi dan kepemimpinan di sebuah instansi pemerintahan akan tidak maksimal. Terjalinnya hubungan yang harmonis dan baik antara atasan yakni kepala desa atau Pambakal dengan bawahan yakni perangkat Desa maupun antar sesama pegawai dan organisasi seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta ibu ibu PKK dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kinerja dari pambakal.

Kata Kunci: Kepala Desa, Komunikasi Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Desa Paku Alam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI