DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BARIKIT PADA KELAS IV SDN 3 PULAU KUPANG KUALA KAPUAS
PENGARANG:ALFIAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


ABSTRAK Alfian Noor , 2023. Meningkatkan aktivitas belajar siswa dan berpikir kritis muatan ips menggunakan model BARIKIT pada kelas IV SDN 3 Pulau Kupang .Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:Ari Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa Berpikir Kritis,hasil belajar Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas hasil belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan IPS Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran BARIKIT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model BARIKIT pada siswakelas IV SDN 3 Pulau Kupang KualaKapuas . Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Pulau Kupang Kuala Kapuas yang berjumlah 13 orang siswa untuk siswa laki-lakinya ada dari 7 orang dan untuk siswa perempuannya ada 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 21-24 dan keterampilan berpikir kritis skor 13- 16 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥65 KKM dengan klasikal ≥80%. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 20 kriteria “Baik”, menjadi skor 27 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga `mengalami peningkatan pada pertemuan 1 54 % memperoleh kriteria “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan 4 kriteria menjadi 94% “hampir seluruhnya”. kemudian keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh 54% kriteria “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran BARIKIT dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran Muatan IPS khususnya Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI