DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MEMGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM KEMANDIRIAN ANAK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KELOMPOK B DI TK KENANGA BANJARMASIN
PENGARANG:NURLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


Masalah utama pada penelitian ini ialah rendahnya kemampuan sosial emosional dalam kemandirian anak pada anak usia dini. Upaya dalam mengembangkan aktivitas dan hasil perkembangan anak melalui model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengembangkan kemandirian anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Kenanga Banjarmasin yang terdiri dari 11 orang anak. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan aktivitas hasil perkembangan. Analisis data penelitian ini memakai analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang memuaskan dimana aktivitas guru  meraih kriteria sangat baik pada pertemuan 3, aktivitas klasikal anak meraih presentase 100% dengan kriteria sangat aktif pada pertemuan 3, dan hasil perkembangan anak secara individualmeraih presentase 100% dengan kategori BSB (berkembang sangat baik) pada pertemuan 3. Disarankan penggunaan model Project based learning, sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan aspek sosial emosional anak menjadi lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI