DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KEMANDIRIAN DAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MENGGUNTING SESUAI POLA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MEDIA AWAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 36 BANJARMASIN
PENGARANG:NAJMA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023, jumlah anak sebanyak 18 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 16, pertemuan II mendapat skor 21, dan pertemuan III mendapat skor 27. Aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh presentase 28%, pertemuan II memperoleh presentase 55%, dan pertemuan III memperoleh presentase 94%. Kemandirian anak pada pertemuan I memperoleh presentase 33%, pertemuan II memperoleh presentase 61%, dan pertemuan III memperoleh presentase 83%. Hasil perkembangan motorik halus pada pertemuan I memperoleh presentase 22%, pertemuan II memperoleh presentase 56%, dan pertemuan III memperoleh presentase 83%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI