DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IV SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SISKA LEFHEYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-19


       Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan siswa kuang aktif pada

saat proses pembelajaran, siswa belum mampu berpikir kritis dan teliti, kurangnya

interaksi antar siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dan siswa sering

merasa bosan pada saat kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya

aktivitas siswa kelas IV SDN Pangeran 1 Banjarmasin muatan IPS. Salah satu

upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran

Problem Based Learning, Example Non Example, dan Pair Check. Tujuan dari

penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk

meningkatkan hasil belajar siswa.

       Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang

dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas

IV semester ganjil SDN Pangeran 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan

jumlah siswa sebanyak 29 orang. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan

kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas

siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknis tes tertulis secara individu. Analisis

dan cross tabulasi dijabarkan dengan table, grafik dan interprestasi dengan

presentasi.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dapat

dilaksanakan dengan baik hingga mencapai skor 88% dengan kriteria sangat Baik.

Aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai persentase 83% dengan kategori

sangat aktif, hasil belajar kognitif mencapai persentase 83% dengan kategori sangat

baik,hasil belajar afektif mencapai persentase 90% dengan kategori sangat baik,

hasil belajar psikomotorik mencapai persentase 83% dengan kategori sangat baik.

       Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model

Pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example, Dan Pair Check

dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan untuk

penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan

aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI