DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR 6 CITA - CITAKU MENGGUNAKAN MODEL
PENGARANG:MUHAMMAD KURNIA RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-19


Ramadhan, Muhammad Kurnia, 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Cita-Citaku Menggunakan Model "BERATUR" Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru. Skripsi program pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, BERATUR.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada tema 6 Cita-Citaku. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran BERATUR (Problem Based Learning. Numbered Heads Together, Picture and Picture). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 22 orang, laki laki 13 orang dan perempuan 9 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 62,5% dengan kriteria “cukup baik” pertemuan ke II mencapai 70% dengan kriteria “baik” Pertemuan III mencapai 82,5% dengan kriteria “sangat baik”, pertemuan IV mencapai 100% memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 45%, pertemuan II mencapai 63%, pertemuan III mencapai 73%, dan pertemuan IV mencapai 100% dengan kriteria “sangat aktif”. hasil belajar afektif pertemuan I mencapai 41% , pertemuan II mencapai 68% peningkatan secara klasikal, pertemuan III mencapai 82%, dan pertemuan IV mencapai skor maksimal 100%, hasil belajar Kognitif pertemuan I mencapai 45% dan meningkat pada pertemuan II yaitu 64%, pertemuan III mencapai 77% dan IV mencapai 100%. Hasil belajar psikomotorik pada Pertemuan I yaitu 50%, pertemuan II yaitu 68%, pertemuan III yaitu 82% dan IV mencapai hasil maksimal yaitu 100%

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model BERATUR dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI