DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP ARAH GERAK BENDA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV DI SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI USWATUN KHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-20


Khasanah, Siti Uswatun. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Khasanah, Siti Uswatun. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Arah Gerak Benda Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV di SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pengaruh Gaya Terhadap Arah Gerak Benda, Problem Based Learning (PBL)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pengaruh gaya terhadap arah gerak benda. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran karena bosan, kurangnya kerjasama siswa, dan siswa tidak mendapat pengalaman langsung dalam belajar. Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Dalam 7 menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan disetiap siklusnya terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 orang siswa kelas IV SDN Kelayan Dalam 7 tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat diketahui aktivitas guru pada siklus I dan 2 mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria “Aktif” dan pada siklus II mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pengaruh gaya terhadap arah gerak benda. Dapat disarankan kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti lain untuk menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI