DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL LIMIT DAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DI KELAS 4 SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:META NOORRAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-20


ABSTRAK

Noorrahmah, Meta. (2023).Implementasi Model LIMIT dan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah Materi Siklus Mahluk Hidup di Kelas 4 SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M,Pd

 

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, LIMIT, Pop Up Book, Memecahkan Masalah

 

Permasalahan penelitian ini adalah peserta didik cenderung pasif saat proses pembelajaran, peserta didik sulit memecahkan masalah yang di berikan, dan hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM . Hal ini disebabkan karena tidak ada pengembangan inovasi dalam proses pembelajaran. Upaya menyelesaikan masalah tersebut menggunakan model LIMIT.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, menganalisis keterampilan memecahkan masalah dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara Individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 mendapat skor 26. Aktivitas siswa pada pertemuan 4 mencapai 88,9% (klasikal). Keterampilan memecahkan masalah pada pertemuan 4 mencapai 88,9% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 4 mencapai 88,9% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 4 mendapat 85.2% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 4 mendapat 88,9% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model LIMIT mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar. Untuk itu disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khusus nya muatan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI