DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PINTAR PADA SISWA KELAS IV SDN TELAWANG 3 BANJARMASIN SISWA
PENGARANG:NOOR LIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-20


Liana, Noor. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model PINTAR (Problem Based Learning, Numbered Heads Together  dan Scramble) pada Siswa Kelas IV SDN Telawang 3 . Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Suriansyah M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PINTAR

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN  Telawang 3 yang disebabkan oleh , pembelajaran yang bersifat satu arah, kurangnnya sumber belajar siswa dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, dan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Tema 7 “Indahnya Keragaman Negeriku” menggunakan model PINTAR (Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Scramble) pada siswa kelas IV SDN Telawang 3.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakasanakan IV pertemuan. Subjek penelitian yaitu kelas IV SDN Telaang 3 Banjarmasin berjumlah 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan, pada smester II Tahun ajaran 2022/20223. Data yang diambil merupakan data kualitatif yang di proleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa unutk hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan tes tertulis secara kelompok dan idividu analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dskriptip analisis dan dijabarkan dengan table, grafikdan interpretasi dengan persentase. 

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 29 kriteria “ Cuku baik”, meningkat menjadi skor 45 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 41% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50% kriteria “sebagian kecil tuntas” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% “seluruhnya tuntas”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PINTAR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPS.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI