DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS 5 SDN KUIN CERUCUK 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RATU JANUARI JALA SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Sukma, Ratu  Januari  Jala  2023.  Meningkatkan  Aktivitas  dan  Hasil  Belajar

 

Materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Menggunakan Model Problem Based Learning Dikombinasikan Numbered Head Together Di Kelas 5 SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin Skripsi ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs.Mahmuddin M.Pd.

 

 

 

Kata  Kunci  :  Hasil  Belajar,  Problem  Based  Learning,  Numbered  Head Together.

 

                       

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa kurang berpikir kritis, dan pembelajaran cenderung monoton tidak menggunakan model pembelajaran. Upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dikombinasikan Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan 2 siklus 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan persentase.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 dengan memperoleh skor 17 dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan 1 menjadi 23 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 63,33% dengan kriteria cukup aktif, pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 40,00%, meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.   

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI