DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEMBUNG DI SDN ANJIR SEBERANG PASAR II.1
PENGARANG:NADA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Azizah, Nada. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ipa Dengan Menggunakan Model LEMBUNG di SDN Anjir Seberang Pasar II.1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Raihanah Sari, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci : LEMBUNG, Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dan  kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan menganalisis peningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Anjir Seberang Pasar II.1 tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang, terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa dan data kuantitatif diperoleh dari aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, keterampilan berpikir kritis siswa mencapai kriteria “Sangat Kritis” dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV mencapai kriteria baik hingga sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV mencapai kriteria kurang aktif hingga sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I sampai pertemuan IV mencapai kriteria kurang kritis hingga sangat kritis. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I sampai IV mencapai 39% hingga 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran LEMBUNG dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada Tema 8 muatan IPA materi Siklus Air di kelas V SDN Anjir Seberang Pasar II.1 dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI