DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIPBEHAVIOR (OCB) MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Inggid Megasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kepuasan kerja guru di SD Negeri di Kecamatan Laing Anggang yang kemudian berdampak pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan supervisi akademik kepala sekolah, kepuasan kerja, motivasi kerja dan Organizational Citizenship Behavior guru SD Negeri di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru, (2) Menganalisis pengaruh langsung Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap Organizational Citizenship Behavior; kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior; motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior; Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja; kepuasan kerja terhadap motivasi kerja. 3) Pengaruh tidak langsung Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui motivasi kerja; kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui motivasi kerja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru sebanyak 160 orang dengan sampel sebanyak 114 orang ditentukan secara Propostional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Supervisi Akademik kepala sekolah, kepuasan kerja, motivasi kerja dan Organizational Citizenship Behavior guru tergolong tinggi. 2) Terdapat pengaruh langsung Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap Organizational Citizenship Behavior (0,459); kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (0,321); motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (0,419); Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja (0,338); kepuasan kerja terhadap motivasi kerja (0,616), 3) Terdapat pengaruh tidak langsung Supervisi Akademik kepala sekolah terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui motivasi kerja guru (0,142); kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui motivasi kerja guru (0,258). Hendaknya antara sesama guru terus meningkatkan kegiatan saling mengingatkan mengenai pentingnya mengikuti peraturan yang berlaku, baik itu berkaitan dengan tata tertib disekolah maupun kode etik profesi keguruan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI