DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN EKONOMI PASAR KANOKO DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MAHLIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


ABSTRAK

Mahlida.2023. Kegiatan Ekonomi Pasar Kanoko di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1 : Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing 1 : Rusmaniah, M.Pd

Sumber belajar memiliki peran penting terhadap peserta didik, terutama pada saat proses pembelajaran berlangsung, terdapat berbagai sumber belajar yang dapat digunakan. Salah satunya adalah lingkungan, lingkungan sebagai sumber belajar saat ini masih jarang digunakan, padahal lingkungan adalah cara yang efektif digunakan pada saat pembelajaran. Penelitian di Pasar Kanoko memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan  menjadikan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli di Pasar Kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1. 2) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi di Pasar Kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS.                                                                                           

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan adalah deskriptif karena dalam penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kegiatan ekonomi yang ada di Pasar Kanoko sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, menyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian digambarkan dalam 3 bagian yaitu: 1) Pasar Kanoko diperkirakan sudah ada sejak tahun 1985 pada saat itu masih ada perusahaan Plywood di Desa Anjir Serapat Muara 1, sehingga pengunjung atau pembelinya masih ramai sangat jauh berbeda keadaanya saat sekarang. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah alat-alat dan bahan-bahan pokok keperluan sehari-hari, makanan, sayuran dan lain-lain. 2) Aktivitas ekonomi merupakan kegiatan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Aktivitas ekonomi yang terdapat di Pasar Kanoko adalah kegiatan produksi, distribusi, konsumsi. 3) Pasar Kanoko sebagai sumber belajar IPS  berkaitannya dengan materi yang ada di buku sebagai penambah bahan relevan untuk materi pembelajaran IPS  yang ada di kelas VII pada semester genap khususnya pada sub tema perdagangan  dan materi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan ekonomi tersebut yaitu aktivitas jual beli, aktivitas produksi, aktivitas distribusi, aktivitas konsumsi, interaksi sosial, permintaan dan penawaran lalu peneliti mengaitkan aktivitas tersebut dengan materi pembelajaran IPS di SMP yang ada di kelas VII pada semester genap khususnya pada sub tema perdagangan  dan materi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kata Kunci : Lingkungan, Kegiatan  Ekonomi, Sumber Belajar IPS

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI