DIGITAL LIBRARY



JUDUL:CITRAAN DALAM "ANTOLOGI PUISI KARTINI 2021: 50 PUISI TERBAIK SAYEMBARA KARTINI" OLEH PERPUSTAKAAN NASIONAL RI
PENGARANG:MUHAMMAD RAYHAN RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Puisi merupakan karya yang digunakan dalam menyampaikan gagasan dengan kata-kata indah. Dalam memahami gagasan, puisi perlu melihat unsur pembangunnya salah satunya adalah citraan. Citraan mampu menimbulkan kesan kepada pembaca untuk bisa merasakan, mendengar, dan melihat langsung yang disampaikan penyair. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek citraan pada puisi-puisi dalam Antologi Puisi Kartini 2021: 50 Puisi Terbaik Sayembara Puisi Kartini

Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan teknik studi pustaka. Data penelitian ini berupa kata atau frasa pada puisi.

 

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek citraan pada puisi meliputi: Aspek citraan penglihatan melibatkan diksi benda, warna, keadaan, dan peristiwa nyata yang merangsang indra penglihatan. Aspek citraan pendengaran melibatkan suara-suara yang dihasilkan oleh manusia, atau tiruan bunyi akibat kejadian peristiwa. Aspek citraan penciuman memberikan gambaran bau yang dicium dengan cara deskripsi kata-kata. aspek citraan perabaan dipakai untuk merasakan sentuhan atau hal yang dipegang. Aspek citraan cecapan yaitu memberikan gambaran suatu rasa yang disampaikan melalui deskripsi kata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI