DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), SAVI (SOMATIK, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN SNOWBALL THROWING KELAS IV DI SDN BELITUNG SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:OKSI VANI RULITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


ABSTRAK

 

 

 

Rulita, Oksi Vani 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual), dan Snowball Throwing Kelas IV  di SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual),  Snowball Throwing, Hasil Belajar.

 

Permasalahan penelitian adalah siswa pasif di dalam kelas, pembelajaran kurang bervariatif, pembelajaran satu arah, dan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual), dan Snowball Throwing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar.

 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 22 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data pada kualitatif menggunakan analisis narasi, sedangkan kuantitatif menggunakan analisis deskripsi berupa interpretasi persentase Cross Tabulation Analysis.

 

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 19, pertemuan II 22, pertemuan III skor meningkat 25 dan pertemuan IV skor mencapai maksimal 31 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 40,91%, pertemuan II 63,64%, pertemuan III 77,27% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 95,5% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif.. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan I 45% menjadi 91%, kognitif 45% menjadi 95% dan ranah psikomotorik 45% meningkat menjadi 86%.

 

Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL), SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual), dan Snowball Throwing berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL), SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual), dan Snowball Throwing dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI