DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IX B SMP NEGERI 1 PULAU SEMBILAN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:M. RIDUANSYAH AL-ALAMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


ABSTRAK

Pembelajaran Vokal dengan Metode Demonstrasi Di Kelas IX B SMP Negeri 1 Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru

M. Riduansyah Al-Alamin1, Maryanto2, Muhammad Zaki Budia Sani3

Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat

 

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, menunjukan siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Pulang Sembilan Kabupaten Kotabaru dapat lebih fokus dalam memperhatikan pembelajaran karena adanya interaksi antara guru dan siswa, sehingga guru dapat dengan objektif menilai kemampuan dari siswa didalam kelas dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini dilakukan agar dapat mendeskripsikan proses pembelajaran voval dengan metode demonstrasi di kelas IX B SMP Negeri 1 Pulau Sembilan dan mendeskripsikan hasil pembelajaran vokal dengan metode demonstrasi di kelas IX C SMP Negeri 1 Pulau Sembilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  wawancara, dan dokumentasi guna menguji keabsahan data.  Dalam 3 kali pertemuan siswa diberikan wawasan tentang teknik-teknik vokal untuk melatih pernapasan, artikulasi, intonasi dan sikap badan dengan menyanyikan lagu “Ampar-ampar pisang”, proses pembeljaran didalam kelas IX B SMP Negeri 1 Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru, guru menggunakan metode demontrasi.

Kata kunci : Metode Demonstrasi, Teknik Vokal, Kelas IX B SMP Negeri  Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru

Abstrak

Based on the results of observations in the field, it shows that class IX B students at SMP Negeri 1 Pulang Sembilan Kotabaru Regency can focus more on paying attention to learning because of the interaction between the teacher and students, so that the teacher can objectively assess the abilities of students in class using the demonstration method. The purpose of this research was to be able to describe the process of vocal learning using the demonstration method in class IX B of SMP Negeri 1 Pulau Sembilan and to describe the results of vocal learning using the demonstration method in class IX C of SMP Negeri 1 Pulau Sembilan. This type of research used is qualitative. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation to test the validity of the data. In 3 meetings students are given insight into vocal techniques to train breathing, articulation, intonation and posture by singing the song "Ampar-ampar Pisang", the learning process in class IX B SMP Negeri 1 Pulau Sembilan, Kotabaru Regency, the teacher uses the demonstration method.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI