DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN IMPROVE PADA KELAS IV DI SDN TELAGA BIRU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SHEILA ADELLA PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


ABSTRAK

Puteri, Sheila Adella. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Statistika Dengan Model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Improve Pada Kelas IV SDN Telaga Biru 6. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Matematika, Siswa, Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Improve

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6 pada Muatan Matematika. Penyebab dari masalah tersebut adalah pengunaan media pembelajaran yang terbatas, pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan karena model dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, siswa masih ragu dalam menyampaikan pendapat terhadap materi. Upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Improve.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN Telaga Biru 6 pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada muatan Matematika Materi Statistika. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Improve pada pertemuan IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 92 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mempoleh skor 91 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 88%.

Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa kombinasi model model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Improve dapat meningkatkan aktivvitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan Matematika. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model tersebut dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan semangat, motivasi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI