DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PESAN DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SITI NURHALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Nurhalisa, Siti. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pesan di Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Asrani, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Motivasi, Hasil Belajar, PESAN

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Timbulnya pemasalahan ini disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran bersifat monoton dan tidak menarik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika juga rendah, hal yang mendasari permasalahan ini ialah pemikiran siswa yang berpikir bahwa Matematika itu sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model PESAN.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin yang berjumlah 12 orang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki, pada semester genap tahun 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi siswa kemudian data kuantitatif untuk aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui rubrik penilaian, angket dan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terus mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat pada pertemuan 1 yang memperoleh nilai 61 dengan kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan 4 yang memperoleh nilai 96 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan terus mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 mencapai 33% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa pada pertemuan 1 mencapai 42% dengan kriteria “Kurang Tinggi” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 42% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal aspek afektif mencapai 67% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal pada aspek psikomotorik mencapai 42% dan pada pertemuan 4 meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan perolehan tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model PESAN dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI