DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KERJASAMA, DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN MAKE A MATCH DI KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 3
PENGARANG:MUHAMMAD SUGIYANNOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama pada akhirnya menyebabkan rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika pada materi volume kubus dan balok. permasalahan ini muncul karena pembelajaran masih cenderung berlangsung satu arah, kurangnya penggunaan model berbasis masalah dan kurangnya pembelajaran berkelompok yang akhirnya menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung masih kurang bermakna. Berdasarkan hal ini maka dilakukan upaya penelitian untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ini sekaligus juga bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru. serta menganalisis aktivitas, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kerjasama, dan hasil belajar siswa.

Setting Penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas V SDN Kelayan Selatan 3 tahun pelajaran 2022/2023. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tertulis yang kemudian dituangkan melalui tabel dan grafik. Data kemudian juga dianalisis berdasarkan skala presentase dan indikator belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas guru telaksana dengan  “Sangat Baik” dengan persentase 94%, aktivitas siswa telaksana dengan  “Hampir Seluruh Siswa Aktif” dengan persentase klasikal 81%, kemampaun berpikir kritis telaksana dengan “Hampir Seluruh Siswa Kritis” dengan persentase klasikal 81%, kerjasama telaksana dengan “Hampir Seluruh Siswa Bekerjasama” dengan persentase klasikal 81%, dan   Hasil belajar juga mencapai kriteria “Tuntas” dengan persentase klasikal 81% pada aspek kognitif serta 90% pada aspek afektif dan psikomotorik.

Berdasarkan Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik dan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, serta hasil belajar telah meningkat dengan menggunakan model Problem Based Learning, Number Head Together dan Make a Match. Sehingga model ini dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI