DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SEMIOTIKA FILM JENDERAL SOEDIRMAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI KARAKTER UNTUK PENDIDIKAN MORAL BANGSA
PENGARANG:MUHAMMAD RYANDI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Muhammad  Ryandi Rahman, 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Film Jenderal Soedirman Dan Relevansinya terhadap  Pendidikan Karakter : Analisis Semiotika. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Heru Puji Winarso, Pembimbing (II) Dian Agus Ruchliyadi.

Kata Kunci : analisis, nilai, moral,  karakter, semiotika, film

Moral dapat dikatakan bersifat sentral dalam kehidupan manusia bahkan mungkin sejak awal keberadaan manusia sendiri, nyaris dalam semua kegiatan dalam kehidupan manusia membutuhkan atau setidaknya disertai dengan nilai-nilai moral. Begitu banyak hal yang mempengaruhi moral dan karakter bangsa pada saat ini salah satunya lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, pergaulan dan bahkan juga film dapat mempengaruhi moral seseorang. Pesan-pesan yang terkandung didalam film biasanya bisa dirasakan oleh penonton yang mana akan ikut menghipnotis penonton, disitulah film menyampaikan emosi kepada penerimanya.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika. Penelitian mengenai analisis semiotika film Jenderal Soedirman dan relevansinya terhadap nilai karakter untuk pendidikan moral bangsa dengan menggunakan metode kualitatif . Metode Kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif kata-kata, tulisan, maupun potongan film dengan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai-nilai moral dalam film Jenderal Soedirman dan relevansinya terhadap pendidikan karakter yang sesuai dengan teori-teori dan 18 nilai karakter. Didaptkan dengan cara mengamati film secara mendalam. Didalam setiap scane-scane menunjukan bagaimana Jenderal Soedirman berjihat dengan cara bergerilya untuk mencapai kemerdekaan bangsa indonesia. Film ini sebagai salah satu media pembelajaran untuk menyampaikan ide atau gagasan.

Saran pada penelitian ini diharapkan instansi terkait dapat memberitahukan bahwa film terdapat nilai-nilai moral dan pendidikan karakter yang dapat mempengaruhi karakter bangsa dan bahan tambahan kajian mengenai nilai-nilai moral dalam sebuah film dan sebagai sumber bacaan untuk menambah wawasan tetang ninai-nilai moral dan pendidikan karakter yang terkandung didalam fim.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI