DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN KEGIATAN BERKEBUN PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASIN
PENGARANG:YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


ABSTRAK

 

Yunita. 2023.  Meningkatkan sikap Peduli Lingkungan Melalui Model Project Based Learning Dengan Kegiatan Berkebun Pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Hikmah Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru-Pendidikan Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd

Kata  Kunci : Sikap Peduli Lingkungan, PJBL, Berkebun

Permasalahan dari penelitian ini beranjak pada masalah anak yang kurang memahami dengan baik tentang bersikap ramah lingkungan sehingga sememberuat mereka kurang peduli membaut sampah pada tempatnya dan kurang memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah. Solusinya menggunakan Model Project Based Learning agar dapat memberikan motivasi anak dalam memahami sikap peduli pada lingkungan terutapa pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Hikmah Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap Peduli Lingkungan Melalui Model Project Based Learning Dengan Kegiatan Berkebun Pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Hikmah Banjarmasin.

Metode penelitian ini menggunakan PTK dengan jumlah anak yang diteliti sebanyak 17 orang. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kepada guru, anak. Analisis data menggunakan analisis faktor guru dan anak dengan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas guru menggunakan Model Project Based Learning dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan pada anak dengan kegiatan Berkebun di Kelompok B TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin hasil aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik Terlaksana” dengan skor 17. Kemudian peningkatan aktivitas anak dari sikap peduli lingkungan melalui Model Project Based Learning dengan kegiatan Berkebun di Kelompok B TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin hasil kategori “sangat aktif’ dalam mengikuti pelajaran sebesar 88,5%. Ada peningkatan sikap peduli lingkungan anak melalui Model Project Based Learning dengan kegiatan Berkebun di Kelompok B TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin hasil kategori “Berkembang Sangat Baik” dengan skor 4.

Hasil kesimpulan bahwa dengan adanya Model Project Based Learning dapat memberikan dampak pada meningkatkan sikap anak peduli lingkungan sekitar sekolah dan rumah. Saran penelitian ini hendaknya orangtua dan guru dapat saling bekerjasama dalam memberikan pemahaman kepada anak agar mereka peduli lingkungan sekitar/

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI