DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASIN
PENGARANG:HUMAIRA SALWA AZZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Azzahra, Humaira Salwa. 2023. “Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak Melalui Model Project Based Learning Pada Kelompok A Di TK Islam Al-Hikmah Banjarmasi. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata kunci: Percaya diri, Project Based Learning

 

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri anak Penyebab permasalahan ini adalah pembelajaran kurang mengoptimalkan sikap percaya diri anak dengan baik, pembelajaran hanya berorientasi pada murid yang aktif serta pembelajaran bersifat monoton. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sikap percaya diri anak yaitu melalui Model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam sikap percaya diri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin yang berjumlah 16 anak. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru memperoleh skor ≥21 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak memperoleh ≥80% dengan kriteria “aktif dan hasil perkembangan sikap percaya diri anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).

Dari hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan dilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak mengalami peningkatan menjadi aktif dan sangat aktif, juga perkembangan sikap percaya diri anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan menggunakan model Project Based Learning hasil aktivitas guru dilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak dan perkembangan sikap percaya diri mengalami peningkatan. Maka disarankan kepada guru agar dapat dijadikan bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan sikap percaya diri anak dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI