DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK I SLAM AL-HIKMAH BANJARMASIN
PENGARANG:RAISA YULEN NADYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


ABSTRAK

 

 

 

Nadya, Raisa Yulen. 2023. Penerapan Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Memanfaatkan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Hikmah Banjarmasin”. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kerjasama, Bahan Alam, Project Based Learning

 

Permasalahan anak dalam penelitian ini yaitu karena kurangnya kerjasama pada anak dalam hal saling membantu dan kurangnya keterlibatan anak pada pembelajaran, anak cepat merasa bosan serta tidak mengikuti dalam kegiatan pembelajaran. Solusi dari permasalahan diatas yaitu dengan menggunakan Model Project Based Learning, menggunakan bahan alam untuk meningkatkan kerjasama pada kelompok B TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil peningkatan anak dalam sikap kerjasama.

 

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Al-Hikmah Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Dengan Indikator keberhasilan aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik, aktivitas anak menuhi kriteria sangat baik dan hasil peningkatan sikap kerjasama anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).

 

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan dilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak mengalami peningkatan menjadi aktif dan sangat aktif, juga peningkatan sikap kerjasama anak mendapat kriteria berkembang sesuai  harapan (BSH).

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan menggunakan model Project Based Learning hasil aktivitas guru dilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak dan hasil peningkatan kerjasama anak mengalami peningkatan. Maka dari itu penelitian ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI