DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELOMPOK A TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASINUPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELOMPOK A TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SITI NORHIDAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-22 |
Norhidayah,Siti.2023.“UpayaMengembangkanKemampuanBahasaReseptifAnakDalamMenjawabPertanyaanSederhanaMelaluiModelProject Based Learning Pada Kelompok A Di TK Islam Al-HikmahBanjarmasi”.PembimbingDra.Hj.Ike Hananik,M.Pd
Katakunci:Menjawabpertanyaansederhana,ProjectBased Learning
Permasalahan anak dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan anakdalammenjawabpertanyaan,penyebabdaripermasalahaniniyaitukurangnyakesempatan anak menjawab pertanyaan saat pembelajaran sehingga anak pasif dalamberbicara,gurubelummeberikanstimulusyangtepatdanpembelajarankurangmenarik. Jadi solusi dari peneliti yaitu menggunakan model pembelajaran projectbased learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas,menganalisis aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam menjawab pertanyaansederhana.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama 3kali pertemuan. Setting penelitianinidilakukanpadakelompokATKIslamAlHikmahdenganjumlahanak16orang,8 orang laki – laki dan 8 orang perempuan. Data di peroleh dari lembar observasiaktivitas guru,anak dan hasil perkembangan bahasa. Indikator keberhasilan dalampenelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhu kriteria sangat baik aktifitas anakmemenuhikriteriasangataktif,danhasilperkembanganbahasadengankriteriaberkembangsangatbaik(BSB).
Dari hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuandilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak mengalami peningkatan menjadi aktifdansangataktif,jugaperkembanganbahasareseptifanakdalammenjawabpertanyaansederhanamendapatkriteria berkembang sesuaiharapan(BSH).
Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwakemampuanbahasareseptifanakdalammenjawabpertanyaansederhanadenganmenggunakan model Project Based Learning hasil aktivitas guru dilakukan dengansangaka dari itu penelitian ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kualitasguru,aktivitasanakdanperkembanganbahasadalammenjawabpertanyaansederhana.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI