DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELOMPOK A TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASINUPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELOMPOK A TK ISLAM AL-HIKMAH BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NORHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Norhidayah,Siti.2023.“UpayaMengembangkanKemampuanBahasaReseptifAnakDalamMenjawabPertanyaanSederhanaMelaluiModelProject Based Learning Pada Kelompok A Di TK Islam Al-HikmahBanjarmasi”.PembimbingDra.Hj.Ike Hananik,M.Pd

Katakunci:Menjawabpertanyaansederhana,ProjectBased Learning

 

Permasalahan anak dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan anakdalammenjawabpertanyaan,penyebabdaripermasalahaniniyaitukurangnyakesempatan anak menjawab pertanyaan saat pembelajaran sehingga anak pasif dalamberbicara,gurubelummeberikanstimulusyangtepatdanpembelajarankurangmenarik. Jadi solusi dari peneliti yaitu menggunakan model pembelajaran projectbased learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas,menganalisis aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam menjawab pertanyaansederhana.

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama 3kali pertemuan. Setting penelitianinidilakukanpadakelompokATKIslamAlHikmahdenganjumlahanak16orang,8 orang laki – laki dan 8 orang perempuan. Data di peroleh dari lembar observasiaktivitas guru,anak dan hasil perkembangan bahasa. Indikator keberhasilan dalampenelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhu kriteria sangat baik aktifitas anakmemenuhikriteriasangataktif,danhasilperkembanganbahasadengankriteriaberkembangsangatbaik(BSB).

Dari hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuandilakukan dengan sangat baik, aktivitas anak mengalami peningkatan menjadi aktifdansangataktif,jugaperkembanganbahasareseptifanakdalammenjawabpertanyaansederhanamendapatkriteria berkembang sesuaiharapan(BSH).

Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwakemampuanbahasareseptifanakdalammenjawabpertanyaansederhanadenganmenggunakan model Project Based Learning hasil aktivitas guru dilakukan dengansangaka dari itu penelitian ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kualitasguru,aktivitasanakdanperkembanganbahasadalammenjawabpertanyaansederhana.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI