DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 6 MODEL PADI BERBASIS TPACK PADA SISWA KELAS IV SDN TELAGA BIRU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD NASRUDDIN AZHARIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


ABSTRAK

Azharie, M Nasruddin. 2023. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Tema 6 Model Padi berbasis Tpack Pada Siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd,M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing (ST).

Permasalahan penelitian dalam pembelajaran PPKn tema 6 kelas IV SDN Telaga Biru 6 adalah rendahnya minat siswa untuk menggali materi lebih jauh serta kurangnya interaksi antar siswa dan siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan hanya duduk dan mencatat sambil mendengarkan guru menjelaskan. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar yaitu melalui  model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing (ST).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6 Tahun Pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 25 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, motivasi siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Cukup Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Motivasi siswa pada pertemuaan I mencapai skor kriteria “Kurang Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan IV mencapai skor kategori “hampir seluruh siswa sangat tinggi”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I memperoleh “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi kriteria “Sangat Aktif”.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model IV SDN Telaga Biru 6 dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI