DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROJECT THROWING DIRECT PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:NOR RAHMA DIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

 

Diani. 2023. Penerapan Model Project Throwing Direct pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Di SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S. Pd., M. Pd

 

 

 

Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Bangun Ruang, Project Based Learning, Direct instruction, Snowball Throwing.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih terdapat peserta didik yang belum memahami konsep matematika dan belum terbiasa menghubungkan matematika dengan lingkungan sekitar, kurangnya kepercayaan diri, hasil belajar belum mencapai KKM, serta pendidik belum menggunakan model dan media penunjang. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Sehingga upaya yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yaitu Project Based Learning, Direct instruction, dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrpsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang di kelas V SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin.

 

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin pada peserta didik kelas V dengan jumlah peserta didik 17 orang tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik pada proses pembelajaran, serta data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan terakhir mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan terakhir mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan terakhir telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal.

 

Berdasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan model model Project Based Learning, Direct instruction, dan Snowball Throwing dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang peserta didik kelas V SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaanmodel tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pendidik untuk memperbaiki prosespembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik padamateri volume bangun ruang, atau pada materi pembelajaran lainnya yang cocok.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI