DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PINTAR PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTERI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Rahayu, Puteri. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PINTAR pada Muatan IPA Kelas IV SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1  Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PINTAR

                Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat satu arah dan monoton yang menyebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran serta siswa masih kesulitan memahami konsep materi pelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah  tersebut adalah  dengan menerapkan model pembelajaran PINTARdalam pembelajaran yang merupakan kombinasi dari  model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Crossword Puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 siklus dan 4 pertemuan. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran dan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes soal evaluasi di akhir pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik  deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami  peningkatandari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yang terlaksana memperoleh dari skor 22 dengan kriteria baik hingga skor 32 dengan kriteria sangat  baik.  Aktvitas siswa secara klasikal meningkat pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yang terlaksana memperoleh persentase 34.8% hingga 91.3% dengan kriteria hampir semua siswa aktif. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai pertemuan yang dilaksanakan memperoleh persentase 39.1% hingga 91.3% dengan kriteria Tuntas.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PINTAR dapat  meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan  IPA pada kelas IVB SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Disarankan bagi guru dalam penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan  hasil belajar  siswa khususnya pada muatan  IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI