DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANITA INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Anita indriani, 2023. Kompetensi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Drs. Zainul Akhyar M.H.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kinerja Guru. Dan Pembelajaran PPKN

Guru bertanggung jawab untuk mengajar, membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa. Dalam situasi ini, guru tidak hanya memberikan instruksi formal, tetapi juga memberikan instruksi tambahan dan dapat berfungsi sebagai contoh yang baik bagi murid-muridnya. Dalam proses ini, peran guru sangat penting untuk menghasilkan generasi penerus yang berkualitas secara intelektual dan moral.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa guru sendiri memiliki motivasi untuk meningkatkan kinerja mereka di sekolah yang mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Studi ini menggunakan  metodologi deskriptif  kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai sampel, tiga guru PPKN akan dipilih untuk melakukan analisis data dan triangulasi.

Penelitian menemukan bahwa: (1) kompetensi pedagogik kurang diprioritaskan oleh guru ketika menyusun rencana pemelajran (RPP), kegiatan pembelajaran, dan evaluasi; (2) kompetensi profesional lebih diprioritaskan guru menguasai materi pelajaran secara keseluruhan; dan (3) kompetensi kepribadian lebih diprioritaskan ketika guru mengajarkan displin dan telandan bagi peseta didik; Dan (4) Kompetensi social guru dapat dikatakan belum maksimal berkomunikasi dan interaksi guru dengan  peserta didik sehingga kurang efektif dan efesien dalam belajar mengajar.

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan guru PPKN dalam melaksanakan kompetensi guru sudah cukup terlaksankan dengan baik walaupun banyak masalah dalam menerapkannya.

Demikian penelitian ini disarankan agar hendaknya guru memperbaiki kinerja dari tugas khususnya sebagai guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan  meningkatkan kompetensi keprofesionalan dalam mengajar dan mengemban amanah untuk menyampaikan ilmu pengetahuan serta untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mendapatkan hasil belajar yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru dengan mengadakan evalusi rancangan pembelajaran dengan baik, seminar-seminar diluar sekolah, lokakarya dan mengadakan seminar disekolah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI