DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMPN 14 BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD TAUFIQURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

Muhammad Taufiqurahman, 2023. Penanaman Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Smpn 14 Banjarbaru. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Olah raga dan Kesehatan Program studi Pendidikan Jasmani Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing (1) Dr. Ma’ruful Khairi, M.Pd, Pembimbing (2) Dr.Sunarno Basuki,Drs, M.Kes, Penguji Dr. Hernita Warni,M.Pd.

Kata Kunci : Penanaman Kedisiplinan, Pembelajaran PJOK

Pada saat ini banyak guru yang sadar akan pentingnya penanaman kedisiplinan pada setiap mata pelajaran. Pada pelajaran PJOK seperti pembelajaran di luar kelas, para siswa kurang antusias mengikuti pelajaran PJOK. Hal ini terlihat dengan kurang aktif dalam pemanasan, tidak suka terkena sinar matahari, kebanyakan hanya duduk-duduk melihat beberapa siswa yang aktif dalam olahraga.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dengan 1 orang guru mapel PJOK dan 30 siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi dan member check.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Penanaman kedisiplinan siswa merupakan salah satu tujuan dari pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, karena dengan adanya pembiasaan sikap karakter disiplin, para siswa akan terlatih dan terkendali sehingga dapat mengembangkan sikap pengendalian diri dan pengarahan diri. Selain itu juga siswa dapat menentukan sikap secara mandiri tanpa adanya pengaruh dari luar yang cukup berarti.(2) faktor penghambat pelaksanaan penanaman kedisiplinan pada pembelajaran PJOK di SMP Negeri 14 Banjarbaru adalah keterlambatan dalam disiplin waktu oleh sebagian siswi yang harus bergantian ke toilet untuk berganti pakaian seragam olahraga.(3) pemberian penghargaan sangat menentukan kedisiplinan siswa. Beliau memberikan pujian langsung kepada siswa yang dituju atau dengan memberikan pujian secara classical, Selain penghargaan verbal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI