DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI PELAJARAN LEMBAGA JASA KEUANGAN BANK DAN NON BANK DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 MATARAMAN
PENGARANG:NUR ANNIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Media pembelajaran interaktif dapat menunjang proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membuat siswa menjadi tertarik mengikuti pembelajaran dan materi yang disampaikan mudah dipahami. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi pada materi lembaga jasa keuangan bank dan non bank dalam perekonomian Indonesia, (2) menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi pada materi lembaga jasa keuangan bank dan non bank dalam perekonomian Indonesia, dan (3) menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lembaga jasa keuangan bank dan non bank dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada empat tahap dalam model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan(develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi berdasarkan hasil skor rata-rata aspek dari ahli media, ahli materi, uji coba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan operasional diperoleh skor rata-rata aspek sebesar 4,56 dengan kriteria sangat valid; 2) kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi berdasarkan hasil skor rata-rata aspek dari ahli media, ahli materi, uji coba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan operasional diperoleh skor rata-rata aspek sebesar 91,17% dengan kriteria sangat praktis; 3) keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji Independent  Sample T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikansi media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi terhadap hasil belajar siswa pada materi lembaga jasa keuangan bank dan non bank dalam perekonomian Indonesia.

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, game edukasi, 4D

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI