DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PBL KOMBINASI PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA INTERKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH SERTA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 DI SDN MANTUIL 1 BANJARMASIN
PENGARANG:CHABELITA PUSPITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

Sari, Chabelita Puspita 2023. Penerapan Model PBL Kombinasi Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah serta Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 di SDN Mantuil 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd

 

Kata Kunci: PBL, TPACK, Media Interaktif, Keterampilan Memecahkan Masalah, Hasil Belajar

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penyebabnya pembelajaran bersifat abstrak dan bersifat satu arah, siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal matematika yang bersifat kontekstual dan rendahnya keterampilan memecahkan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis keterampilan memecahkan masalah, dan hasil belajar siswa menggunakan model PBL kombinasi pendekatan TPACK berbasis Media Interaktif.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDN Mantuil 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan aktivitas siswa skor 17-20 dan keterampilan memecahkan masalah skor 13-16 dengan klasikal ≥82% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥82%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh persentase 75%, pertemuan 2 memperoleh persentase 86%, dan pertemuan 3 memperoleh persentase 96%. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 58%, pertemuan 2 memperoleh persentase 73%%, dan pertemuan 3 memperoleh persentase 96%. Keterampilan memecahkan masalah pada pertemuan 1 memperoleh persentase 69%, pertemuan 2 memperoleh persentase 81% dan pertemuan 3 memperoleh persentase 88%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 54%, pertemuan 2 memperoleh persentase 85% dan pertemuan 3 memperoleh persentase 96%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL Kombinasi Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar pada siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI