DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL RAGAM TAKTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN BERAT BENDA DI KELAS II SDN 5 GUNTUNG MANGGIS
PENGARANG:UMU KHULSUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Khulsum, Umu. 2023. Penerapan Model Ragam Taktik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Memecahkan Masalah, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Berat Benda Di Kelas Ii Sdn 5 Guntung Manggis. Skripsi Program S1 Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Herti Prastitasari, M.Pd.

                                    

Kata Kunci: Aktivitas belajar, keterampilan pemecahan masalah, hasil belajar siswa, dan model RAGAM TAKTIK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN 5 Guntung Manggis. Permasalahan tersebut disebabkan; 1) pembelajaran berfokus pada guru, 2) proses pembelajaran yang belum mampu untuk memecahkan masalah, dan 3) model pembelajaran yang kurang bervariatif. Untuk itu dilakukan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran RAGAM TAKTIK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 5 Guntung Manggis, yang berjumlah 27 orang siswa, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah. sedangkan data kuantitatif melalui persentase klasikal aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes secara kelompok dan individu. Analisis data ialah deskritif menggunakan data tabel dan grafik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap pertemuan yaitu pada pertemuan 1 memperoleh skor 19 dengan kriteria “Baik” meningkat hingga pada pertemuan 4 mendapatkan skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami pada pertemuan 1 mencapai 26% dengan kriteria “Hampir Tidak Ada Siswa Aktif” meningkat hingga pada pertemuan 4 menjadi 93% dengan kriteria “Seluruh Siswa Aktif”. Keterampilan pemecahan masalah pada pertemuan 1 mencapai 26% meningkat hingga pada pertemuan 4 menjadi 93%. Hasil belajar pada aspek kognitif pada pertemuan 1 mencapai 26% meningkat hingga pada pertemuan 4 menjadi 89%. Hasil belajar pada aspek afektif pada pertemuan 1 mencapai 41% meningkat hingga pada pertemuan 4 menjadi 89%. Hasil belajar pada aspek psikomotorik pada pertemuan 1 mencapai 42% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 89%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran RAGAM TAKTIK dapat terlaksana dan siswa dapat mengikuti sesuai dengan proses pembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar matematika siswa.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI