DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan di SMP Negeri 24 Banjarmasin
PENGARANG:SRI MAULIDA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

Sri Maulida Ulfah, 2023. Pengembangan Powerpoint Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Prof. Dr. H. Sarbaini, M.Pd.

Kata kunci : pengembangan, powerpoint, canva

Dalam proses belajar mengajar guru selalu menggunakan metode penyajian dengan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk:(1)Menguraikan proses pembuatan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran PPKn kelas VIII materi memperkuat komitmen kebangsaan (2)Menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan (3)Mengidentifikasi efektivitas media powerpoint interaktif berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran PPKn kelas VIII materi memperkuat komitmen kebangsaan di SMP Negeri 24 Banjarmasin.

Penelitian dan pengembangan ini mengggunakan desain model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Model ini dipilih karena sesuai dengan permasalahan yang ada berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Banjarmasin pada kelas VIII. Alat peraga interaktif PowerPoint berbasis aplikasi Canva ini telah divalidasi oleh 4 validator, yang mana terdiri atas 2 ahli media dan 2 ahli materi serta uji kelayakan produk kepada siswa.

Proses pembuatan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis aplikasi Canva materi memperkuat komitmen kebangsaan, langkah pertama dimulai dengan login ke aplikasi Canva, mendesain media pembelajaran, setelah konten selesai, selanjutnya membuat slide master sehingga media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis aplikasi Canva materi memperkuat komitmen kebangsaan siap untuk dilakukan uji coba kelayakan.

Hasil uji kelayakan dari ahli media mendapat nilai rata-rata 96,6%, ahli materi mendapat nilai rata-rata  84,1%, sedangkan Uji Produk mendapat nilai rata-rata 79,6% dari Uji Kelompok Kecil dan 82% Uji Coba Produk Kelompok Besar. Uji Efektivitas pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,81 pada kelas kontrol sebesar 0,42 sehingga dapat disimpulkan berdasarkan perolehan N-Gain bahwa media interaktif powerpoint  berbasis aplikasi Canva pada mata pelajaran PPKn kelas VIII materi memperkuat komitmen kebangsaan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI