DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PLANT AND TEACH PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUMBER ALASKA
PENGARANG:ANANG MA`RUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa,kemampuan literasi sains dan hasil belajarsiswa. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaranbersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik dan kurang bermakna bagi siswa, siswa pasif pada saat pembelajaran, siswa tidak terbiasa dengan aktivitas pemecahan masalah dan berliterasi sains. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut adalahmenerapkan model Plant and Teachdalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisisaktivitas siswa, kemampuan literasi sains danhasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kalipertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN 1 Sumber Alaska tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis datadalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulandatanya berupa observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa dan soal tes literasi sains untuk mengukur tingkat literasi sains siswa. Analisis data pada penelitianini yaitu analisis kualitatif dan yang digambarkan dalam bentuk tabel dan penafsiran datadalam bentuk persentase dan kategori. Indikator keberhasilan penelitian dengan aktivitasguru mencapai skor 26-32 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai skorpada rentang 20-24 dengan kriteria “Sangat Aktif” mencapai ≥82%, skor literasi sains pada rentang 76-85 atau berada pada kategori “Tinggi” dan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan Imendapat skor 19 dengan kategori baik meningkat pada pertemuan IV mendapat skor30 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I denganpersentase sebesar 45% meningkat pada pertemuan IV sebesar 90% dalam kategorihampir seluruh siswa aktif. Skor literasi sains siswa pada pertemuan I sebesar 50% meningkat pada pertemuan IV sebesar 78%.Ketuntasan klasikal hasil belajar siswapada pertemuan I sebesar 35% meningkat pada pertemuan IV sebesar 85%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Plant and Teach dapat meningkatkanaktivitas, hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa kelas V pada muatan IPA. Disarankanpenggunaan model tersebut menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitasdan berdampak pada kemampuan literasi sains  dan peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI