DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DENGAN MENGUNAKAN MODEL BAIMAN DAN MEDIA DIORAMA PADA KELAS IV DI SDN GAMBUT 8
PENGARANG:AULIA AZIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Aziza, Aulia. 2023. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar muatan IPA materi siklus hidup hewan dengan mengunakan model baiman dan media diorama pada kelas IV di SDN Gambut 8. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D.

Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, problem based learning, teams games tournament, picture and picture, media diorama.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik yang pasif, Proses pembelajaran yang kurang menarik, dan pembelajaran yang masih pada menghapal materi sehingga membuat siswa belum terbiasa berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan.  Hal ini berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas IV SDN Gambut 8. Upaya mengatasi hal tersebut yaitu melalui model Baiman (problem based learning, teams games tournament, picture and picture) dan media diorama. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Gambut 8 tahun pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 18 orang. Pengumpulan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 24, pertemuan II mendapat skor 26, dan pertemuan III mendapat skor 30. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 67%, pertemuan II memperoleh presentase 77%, dan III memperoleh presentase 89%. Hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 39%, afektif 56% dan psikomotor 50%. Pertemuan 2 pada aspek kognitif mencapai 61%, afektif 72% dan psikomotor 78%. Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 83%, afektif 94% dan psikomotor 89%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Baiman (problem based learning, teams games tournament, picture and picture) dan media diorama  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ataupun alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI