DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KOLABORASI, DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL RAGAM DIKELAS IV SDN KUIN CERUCUK 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DESY WINDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK Sari, Desy Winda 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Dan Berpikir Kritis Siswa Muatan PPKn  Menggunakan Model RAGAM Dikelas IV SDN Kuin Cerucuk 4  Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Kolaborasi, KeterampilanBerpikir Kritis,  Model RAGAM Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, keterampilan kolaborasi, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran kurang strategi yang digunakan dalam pembelajaran, orientasi pembelajaran hanya mengingat dan siswa masih menunggu arahan guru dalam pemecahan masalah dan siswa hanya mengandalkan teman yang memiliki kemampuan akademis yang unggul. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran RAGAM. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, peningkatan keterampilan kolaborasi siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.  Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kuin Cerucuk 4 yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 19, terusmengalamipeningkatanhinggapertemuan 4 memperoleh skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 39%, yang terusmenaipadasetiappertemuannyahinggapadapertemuan 4 memperoleh persentase 90%. Adapun keterampilan berfikir kritis pada pertemuan 1 memperoleh persentase 41%, meningkatpadasetiappertemuanntahinggapadapertemuan4 memperoleh persentase 87%. Keterampilan kolaborasi pada pertemuan 1 memperoleh persentase 43%, meningkatpadasetiappertemuannyahinggapadapertemuan 4 memperoleh persentase 83%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 13%, terusmengalamipeningkatanhinggapadapertemuan 4 memperoleh persentase 91%.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RAGAM dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan kolaborasi. Keterampilan berpikir kritis siwa dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sabagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat menigkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan kolaborasi, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI