DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BATITI DI KELAS V SDN PUNTIK DALAM
PENGARANG:KHUMAYRA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

 

 

Fitri, Khumayra. 2023. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model BATITI di Kelas V SDN Puntik Dalam. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Model BATITI

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Puntik Dalam yang disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kesulitan memahami materi yang di berikan, pembelajaran kurang bermakna dan pembelajaran kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia dengan kombinasi model BATITI (Problem Based Learning), Group Investigation (GI)  dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan di kelas V SDN Puntik Dalam Tahun Pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 17 orang. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing- masing indikator keberhasilan aktivitas guru, motivasi dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menujukan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” dengan memperoleh skor 28 meningkat menjadi skor 36. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 65% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Kemudian motivasi belajar siswa padapertemuan 1 memperoleh 59% kriteria “Sebagian Besar” dan meningkat padapertemuan 3 menjadi 100% kriteria “ Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 65% dengan kriteria “Sebagian Besar”dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% dengan kriteria “Seluruhnya”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model BATITI dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam mengembangkan pembelajaran inovatif memilih model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI