DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS 4 SDN ANJIR SEBERANG PASAR II.1
PENGARANG:TAZKIATUL MAHFUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Mahfuzah, Tazkiatul (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT), Pada siswa kelas 4 SDN Anjir Seberang Pasar II.1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen pembimbing Drs. Mahmuddin. M.Pd

Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar,Problem Based Learning, Number Head Together.

Pembelajaran diharapkan berpusat pada siswa, siswa berpartisipasi aktif, mengembangkan kreativitas siswa dan menyenangkan. Namun permasalahan yang ditemukan pembelajaran bersifat satu arah,kurangnya interaksi siswa yang satu dengan siswa yang lain, pembelajaran kurang melatih kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan dan kerjasama siswa dalam kelompok sertakurangnya minat dalam proses pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan dengan menerapkan kombinasi model Problem Based Learning dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Dikelas IV SDN Anjir Seberang Pasar II.1 yang berjumlah 10 orang siswa. Penelitian ini memnggunakan pendekatakan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pertemuan I sampai IV meningkat dari skor 20 dengan kriteria baik menjadi 28 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV secara klasikal meningkat dari 60% dengan kriteria aktif menjadi 100% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar belajar aspek kognitif secara klasikal pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 50% menjadi 100%. Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan I sampai IV 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 40% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model Problem Based Learningdan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKN. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dijadikan referensi dalam memilih dan menunggunakan model pembelajaran khususnya muatan PPKN di sekolah dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI