DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Sari, Novita, 2023. PeningkatanHasilBelajarMatematika Pada Materi Volume Balok Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education, dan Talking Stick Pada Siswa KelasVSD Muhammadiyah 5Banjarmasin. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M. Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Volume Balok, Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada matematika materi volume balok. Penyebabnya adalah siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran, kurangnya tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan, dan proses pembelajaran monoton tidak menggunakan media, contoh konkret dan model yang bervariasi sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education, Talking Stick.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitasgurudalammelaksanakanpembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaranserta meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education, Talking Stick. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah 10 orang siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 5Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mengalami peningkatan, yang pada Siklus I Pertemuan 1 hanya mencapai 83% dengan kriteria “ Sangat Baik” sampai pada Siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 40% dengan kriteria “Kurang Aktif” sampai pada Siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 90% dengan kategori “Sangat Aktif”. Hasil Belajar siswa pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 30% pada Siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education, Talking Stick dapat terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu referensi dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa secara aktif dalam mengikuti pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI