DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PETA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN TELAGA BIRU 6
PENGARANG:NUR NABIILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

Nabiilah, Nur (2023) Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Muatan Matematika dengan Model PETA pada Peserta Didik Kelas V di SDN Telaga Biru 6. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Model PETA.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik pada muatan matematika. Hal tersebut disebabkan pembelajaran satu arah, pembelajaran kurang bermakna, dan pembelajaran kurang menarik. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PETA (Problem Based Learning, Think Pair Share, Make A Match) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas, motivasi dan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin, tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 orang. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas pendidik, peserta didik, dan angket motivasi. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan I memperoleh skor 22 dengan kriteria “Baik”, hasil ini meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 32 dengan kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan III. Aktivitas peserta didik pertemuan I mencapai 46,67% dengan kriteria “Skor 2”, hasil ini meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai 100% dengan kriteria “Skor 4” pada pertemuan III. Motivasi peserta didik pertemuan I mencapai 96,67% dengan kriteria “Sangat Tinggi”, hasil ini meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi” pada pertemuan III. Hasil belajar peserta didik pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 66,67%, hasil ini meningkat disetiap pertemuan dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan III.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PETA dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, pendidik dan peneliti lain adalah  penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI