DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS MUATAN BAHASA INGGRIS MATERI SIMPLE PRESENT TENSE MENGGUNAKAN MODEL LECTURE PADA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:WANDA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Azizah, Wanda. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Keterampilan MenulisMuatan Bahasa Inggris Materi Simple Present Tense Menggunakan Model LECTURE Pada Kelas V SDN Banjarmasin 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Aktivitas, Motivasi, Keterampilan Menulis, Model LECTURE

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan keterampilan menulis kelas V SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin yang disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang kurang menyenangkan dan menarik. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui model LECTURE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi aktivitas siswa dan untuk menganalisis aktivitas, motivasi, dan keterampilan menulissiswa dalam pembelajaran muatan Bahasa Inggrismateri Simple Present Tense menggunakan model LECTURE pada siswa kelas V SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023, jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, angket motivasi belajar kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan III menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa pada pertemuaan 1 mencapai skor kriteria “Kurang Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan III mencapai skor kategori “Sangat Tinggi”. Ketuntasan klasikal keterampilan menulispeserta didik pada pertemuan I memperoleh 36% dan meningkat pada pertemuan III memperoleh 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model LECTURE dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Inggris materi Simple Present Tense.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI