DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA (JURNAL UMUM) DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NUR AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

 

Siti Nur Aisyah. 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA (JURNAL UMUM) DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. Pembimbing II: H. Maulana Rizky, M.Acc.,Ak.)

 

Adanya media pembelajaran merupakan salah satu penunjang keberhasilan sebuah pembelajaran. Media dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari sebuah proses pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran powtoon pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa (jurnal umum) di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah pengembangan yaitu tahap research and information collecting, tahap planning, tahap develop preliminary form of product, tahap preliminary testing, tahap main product revision, tahap main field testing, tahap operational product revision, tahap operational field testing, tahap final product revision, dan tahap dissemination and implementation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran powtoon berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,47 dengan kriteria sangat valid dan diperoleh persentase hasil 89,40% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,49 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil diperoleh 89,80% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan respon siswa terhadap media pembelajaran yang powtoon memperoleh rata-rata 4,37 dengan kriteria sangat valid dan diperoleh persentase hasil 87,40% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan operasional, respon siswa terhadap media pembelajaran powtoon memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kriteria sangat valid dan diperoleh persentase hasil 92% dengan kategori sangat praktis. Secara keseluruhan, media pembelajaran powtoon mendapatkan nilai skor 4,48 dengan kriteria “sangat valid” dan memperoleh nilai hasil persentase kepraktisan 89,65% yang menyatakan bahwa media pembelajaran powtoon “sangat praktis” digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: media pembelajaran, powtoon, penelitian dan pengembangan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI