DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA PGRI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RISMA ARIANATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

Risma Arianata, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA PGRI 1 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd dan Mahmudah Hasanah, M.Pd). 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan permasalahan yang ditemukan di SMA PGRI 1 Banjarmasin khususnya untuk kelas XI yaitu keaktifan siswa, dan untuk menanggulangi permasalahan yang ada tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada pelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan  untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di SMA PGRI 1 Banjarmasin, untuk mengetahui siswa di SMA PGRI 1 Banjarmasin lebih aktif selama proses pembelajaran, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model dalam mata pelajaran ekonomi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi keaktifan siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan wawancara pada salah satu siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I adalah 66 dengan kategori tinggi dan skor rata-rata untuk siklus II adalah 78 dengan kategori sangat tinggi. Untuk mempertahankan perubahan positif yang ada, maka guru diharapkan untuk memberikan variasi dalam mengajar agar selama proses belajar mengajar berlangsung tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.

 

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI