DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh e commerce dan digital marketing terhadap minat berwirausaha (Studi pada Peserta Webinar oleh HMJM STIE Indonesia Banjarmasin)
PENGARANG:Siti Noor Hafifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Siti Noor Hafifah (2023). Pengaruh E Commerce dan Digital Marketing terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Peserta Webinar Kewirausahaan oleh HMJM STIE Indonesia Banjarmasin)

Pembimbing: Anna Nur Faidah

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1)  Menguji dan menganalisis pengaruh e commerce terhadap minat berwirausaha peserta webinar kewirausahaan; 2) Menguji dan menganalisis pengaruh digital marketing terhadap minat berwirausaha peserta webinar kewirausahaan.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat (kausal) dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta webinar kewirausahaan yang diadakan oleh HMJM STIE Indonesia Banjarmasin pada 22 Mei 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Non-probabilitysampling dengan teknik sampling total. Responden pada penelitian ini berjumlah 105 orang peserta webinar kewirausahaan yang dilaksanakan oleh HMJM STIE Indonesia Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistics 26.

Hasil Uji t pada penelitian ini membuktinya adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel e commerce terhadap variabel minat berwirausaha dan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel digital marketing terhadap variabel minat berwirausaha dari peserta webinar kewirausahaan yang diadakan oleh HMJM STIE Indonesia Banjarmasin. Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa variabel Minat Berwirausaha (Y) dapat dipengaruhi oleh E Commerce (X1) dan Digital Marketing (X2) sebesar 63,7%, sedangkan 36,3% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

 

Kata Kunci : E Commerce, Digital Marketing, Minat Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI