DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas, Karakter Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran PROVE Berbasis STEM di SDN Melayu 11 Banjarmasin
PENGARANG:LAILY FATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas, karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. Penyebabnya adalah siswa malu bertanya dan mengemukakan pendapat saat proses pembelajaran, pembelajaran kurang menekankan pada pemecahan masalah, penggunaan model pendekatan dan gaya pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, kurangnya penerapan teknologi pada kegiatan pembelajaran dan kurangnya penanaman karakter tanggung jawab. Upaya untuk meningkatkan aktivitas, karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa yaitu pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PROVE (Problem Based Learning dan SAVI) berbasis STEM. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, karakter tanggung jawab hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas V SDN Melayu 11 Banjarmasin tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 19 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana hingga mencapai nilai 97% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai persentase 89% dengan kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif siswa mencapai persentase 100% dengan kategori tuntas, hasil belajar afektif mencapai persentase 95% dengan kategori membudaya dan hasil belajar psikomotor mencapai persentase 89% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model PROVE berbasis STEM dapat meningkatkan aktivitas siswa, karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Diharapkan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI