DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NAKAMA KELAS V SDN SUNGAI GAMPA ASAHI RANTAU BADAUH
PENGARANG:MUHAMMAD ARSYAD JALALLUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya perlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan mengerjakan soal secara berkelompok, siswa belum memahami konsep materi dan siswa hanya menghapalkan materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran NAKAMA dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas belajar, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Gampa Asahi yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis.Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, gambar dan interpretasi dengan persentase. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV dan mencapai standar yang diharapkan sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada pertemuan IV, faktor aktivitas guru telah mencapai 86% dengan kriteria “Sangat Baik, aktivitas siswa telah mencapai 85% dengan kriteria “Sangat Aktif, keterampilan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase 80% dengan kriteria “Sangat Terampil, dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 80%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NAKAMA dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa,  keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI