DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN KERJA SAMA MENGGUNAKAN MODEL POSTING DAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA KELAS IV SDN PANTAI HAMBAWANG
PENGARANG:NOR LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

 

LatifahNor (2023). Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Kerja Sama Menggunakan Model POSTING Dan Media Augmented Reality Pada Kelas IV SDN Pantai Hambawang. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.

Kata Kunci:  Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Kerja Sama, POSTING.

 

Permasalahan penelitian adalah kurangnya motivasi siswa, keterampilan berpikir kritis dan kerja sama yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu memancing motivasi siswa, memacu siswa untuk berpikir kritis dan bekerja sama. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran POSTING (PBL, TTW, NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, kerja sama dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pantai Hambawang tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, motivasi, keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai meningkat dari kriteria “cukup aktif” menjadi “sangat aktif”Motivasi siswa meningkat dari kriteria “termotivasi” menjadi “sangat termotivasi”. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan sampai4 meningkat dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Keterampilan kerja sama pada pertemuan 1 sampai terjadi peningkatan dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model POSTING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan kerja sama, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, motivasi, berpikir kritis dan bekerja sama yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI