DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V DI SDN KELAYAN DALM 5 BANJARMASIN
PENGARANG:HERLIA PRISMA IRAWANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Irawanti, Herlia Prisma. 2023. Implementasi Model Problem Based Learning, PictureAnd Picture Dan Make A Match Untuk MeningkatkanAktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas V Di SDNKelayan Dalam 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Picture And Picture, Make a Match

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran selama ini cenderung hanya mengasah aspek mengingat dan memahami, pembelajaran bersifat satu arah, kurang aktifnya peran siswa dan aktivitas siswa, serta penggunaan media saat pembelajaran masih kurang. Guru belum melakukan inovasi pembelajaran. Melalui model Problem Based Learning, Picture And Picture dan Make A Match merupakan alternative solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelttian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SDN Kelayan Dalam 5 Banjarmasin, jumlah siswa sebanyak 29 orang. Pengumpulan data aktivitas guru, siswa dan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui lembar observasi, dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan table, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 22, pertemua II mendapat skor 25, pertemuan III mendapat skor 28 dan pertemuan IV mendapatskor 31. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 44.82%, pertemuan II memperoleh persentase 65.51%, pertemuan III memperoleh persentase 82.75% dan IV memperoleh persentase 96.56%. keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I. hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 72.40%, pertemuan II memperoleh persentase 82.76%, pertemuan III memperoleh persentase 89.65% dan pertemuan IV memperoleh persentase 100% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, Picture And Picture dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang bervariasi seperti model pembelajaran dalam penelitian  ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir ktitis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI