DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PRIMA PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG PAGAR 3
PENGARANG:MUHAMMAD OVIANANDA SYAUQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Syauqi, Muhammad Oviananda. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PRIMA Pada Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 3. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Banjarmasin, Pembimbing Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Peserta Didik, Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Make A Match

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ini adalah kegiatan belajar cenderung bersifat satu arah, pada saat proses pembelajaran dikelas peserta didik tidak mampu berpikir secara kontekstual, dengan demikian peserta didik menjadi tidak bersemangat karena tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan peserta didik serta menganalisis hasil belajar pada muatan Pendidikan KewarganegaraanTema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”. Oleh karena itu, upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tanjung Pagar 3 yang berjumlah 35 orang peserta didik terdiri dari 24 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh nilai 57,50% dengan kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan 4 memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 48.57% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 62.85% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal pada aspek afektif 57.14% dan aspek psikomotorik 62.85%, meningkat pada pertemuan 4 pada aspek afektif memperoleh 100% dan aspek psikomotorik memperoleh 94.25%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran PRIMA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanjung Pagar 3. Adapun saran bagi pendidik, kepala sekolah dan peneliti ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Pendidikan Kewarganegaraan dan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI