DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PRC PADA KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 2
PENGARANG:LITA GUNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Gunawati, Lita. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model PRC Pada Kelas IV SDN Kelayan Selatan 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Asrani, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, Model PRC

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran matematikamateri keliling dan luas bangun datar (persegi, persegi panjang dan segitiga). Penyebabnya adalah pembelajaran bersifat satu arah sehingga sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran, belum adanya pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, serta pembelajaran yang hanya menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang beragam dan inovatif tidak diterapkan dalam proses pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan model PRC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa..

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siwa dan kemampuan pemecahan masalah. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel dan grafik.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 26 menjadi 35. Aktivitas siwa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 39% menjadi 92%. Kemampuan pemecahan masalah pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 39% menjadi 92%. Hasil belajar pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 31% menjadi 85%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan penggunakan model PRC dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Disarankan untuk guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan referansi dalam menggunakan model yang dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI